Selamat Datang di Website Resmi Desa Osan Kecamatah Bulagi Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan - Sulawesi Tengah  

Mendes PDTT Tekankan SDGs Desa Adalah Bentuk Pembangunan Total Desa Artikel ini telah tayang di Kom

Sartika | 22 Februari 2021 08:32:41 | Berita Desa | 27 Kali

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menekankan Sustainabel Development Goals ( SDGs) desa adalah bentuk pembangunan total atas desa. "Oleh karenanya, seluruh aspek pembangunan harus dirasakan manfaatnya oleh warga desa tanpa ada yang terlewat,” tegas Abdul, Kamis (10/12/2020). Pembangunan tersebut, lanjut Andul, mengarah pada munculnya poin ke-18 SDGs, yaitu kelembangaan desa dinamis dan budaya desa adaptif "Dalam hal ini, generasi mendatang tetap menjadi bagian dari pelaksanaan dan pemanfaatan pembangunan," imbuh Abdul yang karib disapa Gus Menteri.

Gus Menteri mengatakan, munculnya SDGs 18 itu didasari pemikiran dan upaya untuk menghargai bangsa Indonesia yang beragam dalam agama, budaya, bahasa dan adat istiadat. "SDGs 18 juga bentuk upaya untuk menampung kearifan lokal masyarakat dan kelembagaan desa yang produktif agar bertahan bahkan berkembang," sambung Gus Menteri. Ia yakin, arah pembangunan desa yang dituangkan dalam SDGs Desa itu dapat berkontribusi 74 persen terhadap pencapaian tujuan nasional berkelanjutan. Kenyakinan Gus Menteri berdasarkan pada aspek kewilayahan. Pasalnya, 91 persen wilayah Indonesia adalah desa dan 11 tujuan pembangunan nasional berkelanjutan berkaitan erat dengan kewilayahan desa.

Optimesme Gus Menteri juga berdasarkan aksi menuju tercapainya 12 SDGs desa yang berkontribusi 91 persen pada pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. " Tujuan pembangunan nasional berkelanjutan sendiri berkaitan dengan warga desa dan aksi menuju tercapainya 6 SDGs Desa berkontribusi 43 persen pembangunan nasional," jelasnya.


Sumber: Kompas.com 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Agenda

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Osan
Desa : Osan
Kecamatan : Bulagi Selatan
Kabupaten : Banggai Kepulauan
Kodepos : 94882
Telepon :
Email : pemdes@osan.desa.id

Wilayah Desa

Sinergi Program

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung